112) Apakah Yesus langsung pergi ke Gurun setelah Ia dibaptis (Markus 1:12-13), atau ia pergi terlebih dahulu ke Galilea, mencari murid-murid, kemudian menghadiri perkawinan di Kana (Yohanes 1:35,43; 2:1-11)


112) Apakah  Yesus langsung pergi ke Gurun setelah Ia dibaptis (Markus 1:12-13), atau ia pergi terlebih dahulu ke Galilea, mencari murid-murid, kemudian menghadiri perkawinan di Kana (Yohanes 1:35,43; 2:1-11)

JAWAB : (Kategori : salah membaca ayat)  
Markus 1:12-13  
1:12 Segera sesudah itu Roh memimpin Dia ke padang gurun.  
1:13 Di padang gurun itu Ia tinggal empat puluh hari lamanya, dicobai oleh Iblis. Ia berada di sana di antara binatang-binatang liar dan malaikat-malaikat melayani Dia.  
Versus  
Yohanes 1:35,43; 2:1-11  
1:35 Pada keesokan harinya Yohanes berdiri di situ pula dengan dua orang muridnya.
1:43 Pada keesokan harinya Yesus memutuskan untuk berangkat ke Galilea. Ia bertemu dengan Filipus, dan berkata kepadanya: "Ikutlah Aku!"  

Yohanes 2:1-11  
2:1 Pada hari ketiga ada perkawinan di Kana yang di Galilea, dan ibu Yesus ada di situ;  
2:2 Yesus dan murid-murid-Nya diundang juga ke perkawinan itu.  
2:3 Ketika mereka kekurangan anggur, ibu Yesus berkata kepada-Nya: "Mereka kehabisan anggur."  
2:4 Kata Yesus kepadanya: "Mau apakah engkau dari pada-Ku, ibu? Saat-Ku belum tiba."  
2:5 Tetapi ibu Yesus berkata kepada pelayan-pelayan: "Apa yang dikatakan kepadamu, buatlah itu!"  
2:6 Di situ ada enam tempayan yang disediakan untuk pembasuhan menurut adat orang Yahudi, masing-masing isinya dua tiga buyung.  
2:7 Yesus berkata kepada pelayan-pelayan itu: "Isilah tempayan-tempayan itu penuh dengan air." Dan mereka pun mengisinya sampai penuh.  
2:8 Lalu kata Yesus kepada mereka: "Sekarang cedoklah dan bawalah kepada pemimpin pesta." Lalu mereka pun membawanya.  
2:9 Setelah pemimpin pesta itu mengecap air, yang telah menjadi anggur itu  --  dan ia tidak tahu dari mana datangnya, tetapi pelayan-pelayan, yang mencedok air itu, mengetahuinya  --  ia memanggil mempelai laki-laki,  
2:10  dan berkata kepadanya: "Setiap orang menghidangkan anggur yang baik dahulu dan sesudah orang puas minum, barulah yang kurang baik; akan tetapi engkau menyimpan anggur yang baik sampai sekarang."  
2:11 Hal itu dibuat Yesus di Kana yang di Galilea, sebagai  yang pertama dari tanda-tanda-Nya dan dengan itu Ia telah menyatakan kemuliaan-Nya, dan murid-murid-Nya percaya kepada-Nya.  

Pertentangan semu di atas menanyakan : "Kemana Yesus pergi selama tiga hari setelah Ia dibaptis?". Markus 1:12-13 menyebutkan Ia pergi ke Padang Gurun dan berpuasa selama 40 hari, sementara Kitab Yohanes seolah-olah menyebutkan bahwa pada keesokan harinya setelah Yesus dibaptis, Ia pergi ke Betania, dan pada hari kedua Ia ada di Galilea, dan hari ketiga di Kana? (Yohanes 1:35,43; 2:1-11). Kesan ini seolah benar jika Anda tidak membaca keseluruhan ayat mulai dari Yohanes 1:19.  

Penjelasan tentang baptisan Yesus dinyatakan Yohanes Pembaptis sendiri,  "Dan inilah kesaksian Yohanes ketika orang Yahudi dari Yerusalem mengutus beberapa imam  dan orang-orang Lewi kepadanya untuk menanyakan dia: "Siapakah engkau?"" (Yohanes 1:19). Dan ia menunjuk kepada peristiwa pembaptisan yang telah lewat  atau bila tidak yakin, periksalah bentuk kata kerja lampau yang digunakan Yohanes Pembaptis ketika Ia melihat Yesus datang kepadanya dalam ayat 29-30 dan 32:  

1:29 Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.
1:30 Dialah yang kumaksud ketika kukatakan: Kemudian dari padaku akan datang seorang, yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku.  
1:32 Dan Yohanes memberi kesaksian, katanya: "Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya.  

Sambil memperhatikan Yesus, Yohanes Pembaptis menceritakan kepada orang-orang bagaimana hubungan Yesus dengan baptisan dan signifikansinya. Tidak ada alasan untuk beranggapan bahwa baptisan itu terjadi pada saat Yohanes Pembaptis berbicara di situ. Karena itu tidak ada alasan untuk menunjukkan  pertentangan dalam pasal ini dengan yang terjadi di dalam Injil Markus. 

Post a Comment

Previous Post Next Post